Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hewan dan Tumbuhan yang Dilindungi di Indonesia

Hewan dan Tumbuhan yang Dilindungi di Indonesia

Hewan dan Tumbuhan yang Dilindungi di Indonesia. Anda pernah berkunjung ke kebun binatang? Atau cagar alam yang ada di daerah anda? Jika pernah, tentu saja anda akan disuguhkan dengan berbagai flora dan fauna yang ada disana. Luasnya Indonesia yang membentang dari sabang sampai Merauke membuat indonesia kaya akan keberagaman flora dan faunanya.

Flora dan fauna yang ada di wilayah indonesia ini memiliki banyak sekali beragam jenis dan spesies. Contohnya seperti harimau, gajah, monyet, bunga matahari, teratai, Enceng gondok, bunga Bougenville, bunga anggrek, bunga melati Jakarta, dan sebagainya. Akan tetapi, pada jaman sekarang ini ada berbagai oknum yang menjadikan hal ini sebagai bisnis yang sangat menguntungkan bagi mereka namun berdampak kepada alam.

Contohnya seperti seorang pemburu yang menangkap hewan-hewan langka untuk diburu tanpa memperdulikan kelestarian hewan tersebut. Dan juga seseorang yang menebang pohon secara sembarang tanpa memperdulikan kondisi alam karena hasil perbuatannya tersebut.

jika hal tersebut tetap dibiarkan berbagai jenis hewan dan tumbuhan langka akan mengalami kepunahan. Oleh karena itu pemerintah melindungi beberapa jenis hewan dan tumbuhan seperti dibawah ini :

Beberapa Contoh Tumbuhan Langka yang Dilindungi di Indonesia:

Pohon ulin

Pohon ulin ini memiliki nama latin Eusiderxylon zwageri yang dikenal juga dengan sebutan pohon besi dikarenakan pohon ini memiliki kayu yang keras mirip dengan besi. Pohon ini dimanfaatkan kayunya untuk dijual.

Pohon cendana

Pohon yang memiliki nama latin Santalum album ini merupakan kayu yang sangat terkenal karena mempunyai aroma yang khas. Kayu pohon cendana ini juga dapat menghasilkan minyak yang sangat wangi dan biasanya bisa dijadikan parfum dengan harga jual yang sangat mahal.

Pohon damar

Pohon dengan nama latin Agathis labillardieri ini merupakan pohon yang dapat menghasilkan getah. Getah pohon damar ini sangat berguna dan juga memiliki banyak manfaat. Akan tetapi, sekarang ini keberadaan pohon damar sudah mulai langka dikarenakan banyak ditebang oleh para pembalak liar.

Itulah contoh tumbuhan yang dilindungi di Indonesia dan memiliki berbagai manfaat.

Beberapa Contoh Hewan Langka yang Dilindungi di Indonesia:

Katak merah

Katak merah ini memiliki nama latin leptophryne cruenta. Katak jenis ini hanya dapat ditemukan di wilayah gunung salak dan wilayah gunung gede pangrao jawa barat. Bahkan sampai sekarang ini tidak ada yang mengetahui jumlah populasi dari katak merah ini berjumlah berapa ekor dan keadaannya saat ini sangat memprihatinkan. Katak merah ini memiliki postur tubuh yang unik, bewarna merah dan bertutul hijau, biru, bahkan putih. Dikarenakan Kombinasi warna pada tubuhnya yang indah katak ini dapat dijual dengan harga yang mahal.

Jalak bali

burung ini memiliki nama latin leucopsar rostchildi. Burung Ini dikenal dengan sebutan Bali starling. Burung jalak bali saat ini termasuk kedalam salah satu dari banyaknya satwa yang dilindungi di negara indonesia dikarenakan populasinya yang mulai langka.

Beruk mentawai

Beruk mentawai memiliki nama lain macaca pagensis. Hewan yang sejenis kera ini hanya terdapat di daerah mentawai, pulau sumatera. Akibat dari eksploitasi hutan secara besar-besaran, mereka akhirnya kehilangan tempat tinggal dan sekarang populasi beruk mentawai sudah sangat menghawatirkan karena hanya memiliki jumlah sekitar 2.700 hingga 3.400 ekor saja.

Nah itulah tadi beberapa flora dan fauna yang dilindungi di indonesia karena jumlah mereka semain mengalami penurunan bahkan langka untuk di temukan. Semoga setelah ini tidak ada lagi penebangan hutan secara besar-besaran, perusakan ekosistem alam, dan kegiatan lain yang tentunya sangat merugikan.

Posting Komentar untuk "Hewan dan Tumbuhan yang Dilindungi di Indonesia"