Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agama yang Diakui di Indonesia: Kitab Suci dan Hari Besarnya

Agama yang Diakui di Indonesia

Ada enam agama yang diakui di Indonesia dan merupakan negara kepulauan terbesar di dunia karena memiliki 17.491 pulau. Negara indonesia ini menjadi salah satu negara yang memiliki penduduk terpadat di dunia. Bahkan di tahun 2020 ini diproyeksikan akan meningkat hingga mencapai 271.066.000 jiwa. Selain memiliki penduduk yang padat indonesia juga memiliki berbagai rama budaya, kuliner, suku dan agama.

Salah satu jenis contohnya kuliner khas Indonesia (nasi padang, kerak telor,soto lamongan,gudeg), suku (dayak, madura, batak, bugis, jawa, sunda), dan beberapa agama yang diakui di Indonesia seperti Islam, Kristen, Hindhu, Budha, Katolik dan Khonghucu

Nah, kali ini kami akan membahas 6 Agama yang diakui di Indonesia. Simak ulasannya sebagai berikut

1.Islam

Islam menjadi agama mayoritas di Indonesia. Jadi, saat anda mengunjungi negara ini anda tidak akan kesulitan menemukan tempat ibadah baik masjid maupun langgar, karena setiap desa di negara ini sudah memiliki langgar yang biasanya digunakan untuk menjalankan sholat berjamaah, melakukan tilawah, berceramah, menyembelih hewan kurban, dan masih banyak lagi kegiatan yang dilakukan dalam wilayah masjid.

Kitab suci dari agama islam adalah Al-Qur’an, Al-Qur’an ini merupakan kitab yang Allah SWT turunkan kepada Nabi Muhammad SAW pada bulan Ramadhan. Hari besar agama islam itu seperti hari raya idul fitri, idul adha, Isra’ mikraj.

2.Katholik

Agama kedua yang dianut oleh masyarakat indonesia adalah agama Katholik. Pemuka agama katholik biasanya disebut dengan Romo atau Pastur. Kitab suci agama ini ialah kitab injil yang diturunkan kepada nabi isa. Tempat ibadahnya berupa gereja, pada bangunan gereja biasanya diatas bangunan tersebut terdapat salib yang menjadi simbol pengorbanan bagi mereka yang mempercayainya.

Bahkan tanda salib pun mereka gunakan saat hendak memulai atau selesai berdoa. Saat mereka melakukan hal itu, tentu saja tanpa perlu bertanya pun kita sudah tau bahwa mereka menganut agama Katholik.

3.Kristen protestan

Agama kristen protestan memiliki pemuka agama yang biasanya disebut atau diberi gelar “pendeta”, mempunyai kitab suci yang sama dengan agama Katholik yaitu kitab suci injil atau Alkitab. Tempat ibadahnya pun juga sama dengan penganut agama katholik yaitu gereja. Hari besar dari agama kristen protestan ini contohnya seperti hari raya natal, pantekosta, dan paskah

4.Buddha

Agama buddha ini juga memiliki penganut di indonesia. Agama dengan pemuka agama berupa biksu ini memiliki candi terbesar di dunia yang bernama candi borobudur. Candi ini sangat terkenal di nusantara apalagi di kalangan wisatawan mancanegara

Kitab suci negara buddha bernama TRIPITAKA. Penganut agama ini biasanya melakukan ibadah di dalam vihara, dan hari besar agama buddha ini ialah hari raya waisak dan katina.

5.Hindu

Meskipun negara dengan mayoritas penduduknya yang memeluk agama hindu adalah India, akan tetapi di indonesia juga ada loh yang menganut agama hindu ini. Agama hindu memiliki pemuka agama yang disebut dengan pinandita atau wasi. Kitab suci dari negara ini bernama Weda dan tempat ibadahnya berupa pura.

Hari besar dari agama hindu yaitu hari raya Nyepi, Saraswati, pagerwesi, galungan, dan kuningan. Di indonesia sendiri penganut agama hindu ini banyak terdapat di wilayah pulau bali.

6.KHONGHUCU

Yang terakhir adalah agama khonghucu. Pemuka agamanya disebut bun su (guru agama) dan hak su (pemberi khotbah). Kitab suci dari agama ini yaitu kitab suci su si, wu cing, hau king. Mereka biasanya menjalankan ibadah di klenteng dan hari besar agamanya ialah hari raya Imlek dan cap go meh.

Sekian untuk penjelasannya mengenai Agama yang Diakui di Indonesia kali ini, semoga pengetahuan yang saya berikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Posting Komentar untuk "Agama yang Diakui di Indonesia: Kitab Suci dan Hari Besarnya"