Panduan Cek Broken Link Pada Website

Dalam membuat sebuah website atau blog sebaiknya di cek di berbagai sisi sebelum meluncurkankan, salah satunya yaitu pengecekan ada tidaknya broken link pada website tersebut. Pengecekan broken link tidak hanya saat membangun saja tetapi juga bisa kalian lakukan di website yang sudah berjalan lama, ini agar website kita kelola sehat selalu dan broken link bisa mempengaruhi peringkat SEO dalam mesin pencarian.

Apa itu broken link? Sebuah link pada suatu halaman di website yang bila kita klik tidak ditemukan, 404 not found, atau link error di browser. Jadi kita harus memperbaiki link rusak tersebut supaya website tidak mengalami penurun trafik.

Berikut ini ada beberapa tools online gratis yang bisa kalian gunakan untuk check website dari broken link.

Online Broken Link Checker

Salah satu online tools gratis yang populer dan banyak di gunakan para pengelola website untuk mengecek ada tidaknya broken link di website meraka.

Berikut fitur-fitur yang di tawarkan tools gratis ini:
  • Dapat mengecek halaman web dalam jumlah yang tak terbatas.
  • Memvalidasi URL internal dan eksternal secara baik.
  • Dapat menunjukkan lokasi tautan yang bermasalah di HTML.
  • Berbagai laporan kode kesalahan URL (404 dll.).
  • Dapat berjalan di di banyak OS (Windows, Linux, Mac OS, Android, dan iOS).

Halaman website: https://www.brokenlinkcheck.com

Dead Link Checker

Tools Dead Link Checker merupakan salah satu checker online yan dapat kalian gunakan untuk mengecek broken link pada website. Tools online ini bisa menjelajahi sebuah halaman website secara menyeluruh dan dapat menemukan tautan rusak yang mempengaruhi peringat dan kegunaan di situs web.

Di Dead Link Checker ini mempunyai dua pilihan fitur menarik yang bisa kalian gunakan yaitu:

Fitur Multi Check
Fitur Multi Check di dalam tools Dead Link Checker bisa digunakan untuk mengecek broken link pada beberapa web (check multiple website) dalam satu klik, dan hasilnya bisa di kirim ke alamat email yang kalian miliki.

Fitur Auto Check
Fitur ini dapat memeriksa ada tidaknya broken link pada website secara berkala, dan tentunya hasil dari pengecekan tersebut akan di dikrim ke email.

Halaman website: https://www.deadlinkchecker.com

Broken Link Checker - Dr. Link Check

Tools online yang banyak di gunakan untuk mengecek link rusak dengan mudah di website adalah Dr. Link Check. Dengan tools ini kalian bisa dengan mudah mengecek semua halaman website secara berkala untuk menemukan link error.

Untuk lebih jelasnya, bisa kunjungi halaman websitenya langsung di: https://www.drlinkcheck.com

Selain tiga tools yang saya sebutkan di atas, masih ada beberapa tools lainnya yang bisa kalian gunakan untuk memperbaiki broken link website.

Demikian artikel ini tentang panduan singkat untuk mengatasi broken link pada website. Semoga dapat menjadikan referensi dan bermanfaat.

Posting Komentar